partner

partner

Dukung Standar Akuntansi Pemerintah, TNI AL Terima Tim Reviu Kemhan 




Jakarta, 15 Februari 2021, radarindonesia.com 


“Reviu sangat penting dilaksanakan untuk dapat meyakinkan bahwa laporan keuangan yang telah disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) dan sesuai dengan perundang-undangan,” Pernyataan tersebut disampaikan Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Moelyanto, M. Si (Han)., saat menyampaikan Taklimat Awal Reviu Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) atas Laporan Keuangan Semester II tahun 2020 di Unit Organisasi (UO) Mabesal bertempat di Rupat Itjenal Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (15/2). 




Kehadiran tim reviu dibawah pimpinan Brigjen TNI Yos Trioso selaku pengendali tim reviu Itjen Kemhan mewakili Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M, adalah bagian dari salah satu persyaratan dalam penyusunan Laporan Keuangan (LK) yang dilaksanakan melalui penelaahan ulang bukti-bukti suatu kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). 

Irjenal Laksamana Muda TNI Moelyanto, M. Si (Han)., dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa sesuai dengan dasar Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara maka diadakan kesesuaian atas laporan keuangan kementerian dan lembaga dengan Standar Akuntansi Pemerintah. 





“Saya berharap pelaksanaan reviu Itjen Kemhan dan Itjen TNI AL bersinergi dan hasil reviu dapat bermanfaat sebagai koreksi atas laporan keuangan TNI Angkatan Laut semester II tahun 2020, sehingga laporan keuangan Kemhan dan TNI menjadi lebih baik,” harapnya. 


Kegiatan reviu di lingkungan TNI AL sebagai salah bentuk mendukung penguatan Reformasi Birokrasi (RB), hal ini selaras dengan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., tentang RB. Irjenal mengingatkan kepada satker terkait yang akan dikunjungi dapat memberikan dukungan data dan keterangan kepada tim reviu Itjen Kemhan sehingga penyusunan LK dapat tercapai sesuai yang diharapkan. 




Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Wairjenal) Laksamana Pertama TNI Sunaryo, CFrA., Irutku Itjenal, Paban V Dalpro Srenal, Paban VI BMN Slogal, Sekdisadal, Kasubdis BMN Disbekal, Kasubdis APK Diskual dan Kadopusbekbar. 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes