partner

partner

Bakamla RI Bina Anggota Rapala di Natuna 

 


Natuna, 22 Maret 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard), radarindonesia.com 


Sub. Direktorat Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut (P2K2L) Bakamla RI menyelenggarakan pengukuhan 20 anggota baru Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) dan kegiatan pembinaan, di Gedung Sisi Basisir, Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, beberapa waktu lalu. 



Kegiatan pembinaan yang dilakukan berupa pelatihan peningkatan kemampuan anggota Rapala. 


Mulai dari pemberian materi terkait pengenalan tugas dan fungsi Bakamla RI, materi bela negara, prosedur penyelamatan saat terjadi insiden di laut, prosedur pelaporan kejadian di laut, dan identifikasi potensi tindak pidana di laut. 



Dalam sambutannya, Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Retiono Kunto H., S.E. mengatakan, pembentukan Rapala ini dikarenakan posisi perairan Natuna yang sangat strategis. 


"Berada pada Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dan berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, sehingga sangat berpotensi terjadi pelanggaran batas maritim," ucap Laksma Retiono.


Bekerja sama dengan instansi terkait di Natuna, pelatihan ini difokuskan pada penyampaian Teori Bela Negara oleh Danlanal Ranai, Bahaya Narkoba oleh Polres Natuna, dan Sistem Aplikasi Mobile Bakamla RI (Aplikasi Keamanan Maritim dan Aplikasi IMIC) oleh Bakamla RI. 



Selain itu, Mitigasi Bencana dan Fire Safety disampaikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Natuna, Pertolongan Atas Laut oleh Basarnas, dan Praktik Lapangan dengan Pelatihan Pemadaman Kebakaran oleh Dinas Damkar Natuna, serta Praktik Pertolongan Kecelakaan di Laut oleh Basarnas dan Puskesmas Bunguran Selatan. 


Pada dasarnya pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter, kemampuan, dan kapasitas anggota Rapala, terlebih lagi bagi anggota yang baru saja dikukuhkan. 



Semua kemampuan tersebut diperlukan untuk melatih seluruh anggota Rapala, untuk menunjang keselamatan diri dan orang lain. 


Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes