partner

partner

Warga Lansia di Semanan Antusias Ikuti Vaksinasi Covid 19



Jakarta, 16 Maret 2021, radarindonesia.com  


Sebanyak 108 warga lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di halaman Sekolah Kebudayaan, RW 06, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat, Selasa (16/3/2021). 


Peserta yang hadir diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak. Meski terlihat ramai, namun tim medis Puskesmas Kelurahan Semanan dan Kecamatan Kalideres telah menyiapkan sejumlah tahapan atau prosedur pelaksanaan vaksinasi covid buat lansia. 


Lurah Semanan Bayu Fadayen Gantha mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 buat para lansia ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Para lansia yang ingin mendaftarkan diri diwajibkan membawa indentitas berupa KTP, BPJS dan KK. 


"Para lansia mengikuti prosedur atau tahapan vaksinasi mulai dari pendaftaran (registrasi), skrining kesehatan seperti pengukuran tensi darah, pengukuran suhu, pengkuran oksigen dan sebagainya, kemudian disuntik vaksin," ujar Bayu saat dilokasi. 


Tahapan lainnya, sambungnya, warga lansia yang sudah divaksin menjalani observasi selama 30 menit.


Ini dilakukan untuk melihat reaksi pasca suntik vaksin. "Warga lansia yang ikut vaksinasi berjumlah 108 orang, tapi setelah menjalani tahapan tersebut, 85 lansia berhasil disuntik vaksin. Sementara 23 lansia lainnya ditunda," ucapnya.


Bayu juga menambahkan, penundaan itu disebabkan sejumlah faktor, diantaranya karena tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan minum obat pengencer darah. 


"Mereka yang mengalami penundaan akan diarahkan ke Puskesmas Kalideres," sebut dia Pantauan dilokasi, Ketua RW 06 Muhasam Liam nampak dengan sigap membantu pendaftaran bagi warganya secara manual khususnya warga lansia. 


Dia juga terus aktif berkomunikasi langsung secara intensif kepada warganya supaya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara dinamis di Kelurahan Semanan ini berjalan dengan sukses. 


Pelaksanaan vaksinasi Covid bagi lansia turut hadir jajaran Kelurahan Semanan, Kapospol Semanan, Binmas, Satpol PP, FKDM, Ketua RW dan RT, LMK dan kader ibu-ibu PKK.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes