partner

partner

 Kasal: Alokasi Anggaran Harus Diwujudkan Dalam Program dan Kegiatan Berdasarkan Skala Prioritas 



Jakarta, 24 Maret 2021, radarindonesia.com 



"Alokasi anggaran yang ada harus dapat diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan berdasarkan prinsip skala prioritas dalam rangka meningkatkan kesiapan operasional TNI Angkatan Laut,” Hal tersebut menjadi penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Logistik (Rakor Log) TNI AL Tahun 2021 di Auditorium Detasemen Markas (Denma) Mabesal Cilangkap, Jakara Timur, Rabu, (24/3). 



Rakor Log ini merupakan Rapat Koordinasi kewasgiatan logistik dalam menunjang keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut, yang diantaranya membahas tentang penyampaian pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI Angkatan Laut di tahun 2021 dan penjabaran hasil pembahasan Rapim TNI Angkatan Laut tahun 2021 dalam kegiatan manajemen logistik, serta membahas rencana program dan anggaran tahun 2021-2022. 




Menurut Kasal, Pembangunan bidang logistik merupakan rangkaian proses yang tidak terpisahkan satu sama lain, sehingga harus dilaksanakan secara terencana serta tepat sasaran. 


Peningkatan sistem tata kelola logistik TNI Angkatan Laut termasuk di dalamnya adalah penyiapan Alutsista sebagai komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dan sistem pemeliharaan terencana. 


“Sistem pemeliharaan terencana yang baik menjamin terwujudnya Jadwal Olah Pemeliharaan dan Jadwal Olah Gerak (JOP-JOG) yang dapat menjadi acuan secara nyata. Hal ini menjadi krusial, karena hanya dengan perencanaan dan dukungan logistik yang baik, maka operasional TNI Angkatan Laut akan dapat berjalan lancar dan optimal,” ungkapnya.  


Kegiatan Rakor Log TNI AL yang mengusung tema “Melalui Rakor Log Kita Tingkatkan Profesionalisme Bidang Logistik, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Tugas TNI AL Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI,” ini dibuka Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., dan diikuti 85 personel dimana sebanyak 31 personel dengan tatap muka langsung, sementara 54 personel lainnya mengikuti secara Video Conference. 



Dalam kesempatan tersebut Aslog Kasal menyampaikan bahwa dalam pemeliharaan dan perawatan Alutsista, dengan anggaran yang sudah dialokasikan untuk setiap unsur maka pemeliharaan dilaksanakan secara mandiri melalui pemeliharaan (Har) organik unsur. 


“Pelaksanaan Har menengah sesuai kondisi dan waktu yang diatur oleh masing-masing Kotama Pembina, sedangkan untuk Hardepo terintegrasi oleh Pembina Teknis masing-masing. 


Maka dari itu dalam pelaksanaannya agar memperhatikan JOP/JOG yang telah ditetapkan,” ucap Laksda Puguh. 


Rakor Log TNI AL ini menghadirkan pemapar antara lain yakni; Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., dengan materi Dukungan Logistik dalam Penggelaran Operasi; Widya Iswara Madya Pusdiklat Pengadaan Barang dan Jasa LKKP R. Ari Widianto dengan materi Sosialisasi Perpres Nomor 12 Tahun 2021; Kasub Direktorat BMN I – DJKN Tunggul Yunianto S.E., M.T., Ph.D. dengan materi Pemanfaatan Barang Milik Negara; Kasubdis SPT. Platform Dismatal Kolonel Laut (T) Rahmat Susanto, M.T., dengan materi Kesiapan Alutsista TNI AL; dan Kasubdis Matdukkes Diskesal Kolonel Laut (K) Adrianto Sapto, H. Apt. M.Si., dengan materi Peran Perbekalan TNI AL Dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 



Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Wakil Asisten Logistik (Waaslog) Kasal Laksamana Pertama TNI Rachmat Hartoyo, S.Sos., M.M., CHRMP., dan para Kepala Dinas jajaran Mabesal serta para pejabat terkait lainnya. 


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes