partner

partner

KUWIL KOLINLAMIL IKUTI BIMTEK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TNI AL

   


Jakarta, 30 Maret 2021, radarindonesia.com 


Satya Wira Jala Dharma.  Keuangan Wilayah Komando Lintas Laut Militer (Kuwil Kolinlamil) mengikuti Bimbingan Teknis Otomasi Penyusunan Laporan Keuangan Unit Organisasi TNI Angkatan Laut melalui Video Conference (Vicon) di ruang rapat Kuwil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/3).


Dalam kegiatan tersebut, Kepala Keuangan Wilayah Kolinlamil Kolonel Laut (S) Wito Hadi Utomo didampingi Kasubdis Akuntansi Pelapor Keuangan (APK), dan operator SAIBA.  


Kegiatan Bimtek dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Keuangan TNI Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI Poedji Santoso dari Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur.



Pada sambutannya Kadiskual mengatakan bahwa laporan keuangan yang berkualitas akan dapat memberikan informasi yang tepat bagi para stake holder untuk pengambilan keputusan selanjutnya, namun laporan keuangan yang disusun seadanya akan berdampak terhadap kurang akuratnya bagi para pengambil keputusan dalam melaksanakan tugasnya.


Untuk itu Dinas Keuangan Angkatan Laut akan meluncurkannya Roll Out Sakti sebagai kontrol dan aplikasi dasar pembuatan laporan keuangan.


“Dengan diluncurkannya aplikasi Sakti ini agar jajaran keuangan wilayah  menyiapkan sumber daya manusianya. Agar segera menyesuaikan dengan aplikasi tersebut” tutur Kadiskual.


Lebih lanjut, Kadiskual juga menginstrukiskan jajaran keuangan untuk menyusun laporan keuangan secara entitas untuk mempertahankan opini laporan keuangan TNI AL yang Wajar Tanpa Pengecualian yang keempat.


“Laksanakan penyusunan laporan keuangan secara serius dan teliti untuk mempertahankan opini laporan keuangan yang WTP” ujar mantan Kasetumal ini.


Pembina korps suplai TNI AL ini juga menginstruksikan jajaran keuangan untuk menjalin kerjasama antar entitas Kuwil di unit organisasi TNI AL.


Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 telah dijelaskan tentang karakteristik kualitatif suatu laporan keuangan.



“Karakteristik kualitatif tersebut merupakan prasyarat normatif yang diperlukan agar laporan keuangan pemerintah dapat memenuhi kualitas yang dikehendaki, keempat prasyarat kualitatif laporan keuangan tersebut adalah relevan, handal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami,” ujarnya. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes