partner

partner

PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1442 H/ 2021 M DI SESKOAL 

 





Seskoal, 22 Maret 2021, radarindonesia.com 






Keluarga Besar Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1442H/ 2021 M,bertempat di Auditorium Jos Soedarso Seskoal,Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (22/03). 


Acara dengan tema “ Maknai Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1442 H/2021 M sebagai Landasan Moral Prajurit dan PNS TNI Bermental Tangguh”, dihadiri Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han), Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA., para Pejabat Utama, Patun Dosen, Pengurus Jalasenastri CBS Seskoal, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Seskoal, dengan menghadirkan penceramah Dr. KH. Manarul Hidayat, MA. beliau merupakan pengasuh pesantren Almanar Azhari Depok dan Pesantren AL-Mahbubiyah Jakarta. 





Kegiatan diawali dengan penampilan Musik Hadroh dari gabungan Prajurit dan PNS Seskoal yang menjadi Pengurus Masjid Nurul Iman Seskoal serta para remaja Kompleks Seskoal, yang melantunkan lagu-lagu bertemakan islami dengan penyanyi Palaksa Denma Seskoal Mayor Laut (P) Asep Haerus, S.Sos.


Selanjutnya, pembacaaan Ayat Suci Al-Quran oleh Ketua Panitia Kegiatan Isra’ Mi’raj tahun 2021 Letkol Laut (KH) Uus Rohimat, S.Ag.,M.M., M.Han. 





Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto S.H., M.A.P, M.Tr(Han) dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han) menyampaikan bahwa peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan suatu peristiwa yang sangat luar biasa, dimana pada saat itu Allah yang Maha Kuasa telah memperjalankan seorang hambaNya yaitu Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha kemudian naik ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Shalat lima waktu dan kembali lagi ke bumi, yang keseluruhan rangkaian peristiwa itu hanya ditempuh kurang dari sepertiga malam. 





Sementara itu, penceramah Dr. KH. Manarul Hidayat, MA dalam ceramahnya mengatakan bahwa Allah SWT, telah menjalankan Nabi Muhammad SAW untuk melaksanakan Isra dan Miraj yang pada intinya adalah untuk menerima perintah shalat lima waktu sehari semalam selain itu hal hal yang Bagi muslim Untuk meningkatkan kejuangan dan mental yg tangguh perlu mendekatkan diri kepada Allah sebagai mana Nabi Muhammad SAW Allah Isra Mi’raj untuk meningkatkan semangat dan juang, Untuk mewujudkan mental Prajurit yang tangguh perlu dibangun dari cara Sholatnya, karena Sholat mengajar kan kebersihan dan kedisiplinan dan Bangun rumah tangga yg harmonis sebagai wujud kesolidan dlm kehidupan awal di dunia.



Peristiwa Isra Mi’raj memiliki makna penting bagi seluruh warga Seskoal sebagai momen untuk koreksi diri dengan memantapkan dan memaknai nilai-nilai spiritual Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dalam melaksanakan tugas-tugas kita kedepan dalam rangka mewujudkan Seskoal yang lebih baik sebagai Center of Excellence on Naval and Maritime Science, dalam bidang pendidikan dan pengkajian pertahanan laut.


Salah satu nilai yang terdapat pada pelaksanaan Shalat adalah kebersamaan terutama pada Shalat berjamah dan nilai kebersamaan tersebut apabila dilaksanakan dalam kehidupan rumah tangga, kehidupan berbangsa dan bernegara terutama dalam pelaksanaan tugas yang telah diemban oleh para prajurit TNI khususnya Seskoal maka akan menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan. 



Kegiatan Peringatan Isra Mi’raj tersebut selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “Tingkatan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan dalam pengabdian sebagai prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL”.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes