partner

partner

Personel Elit Bakamla RI Latihan Selam Malam



Pulau Pramuka, 27 Maret 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard), radarindonesia.com  



Setelah menempuh berbagai macam kegiatan latihan di darat, personel Special Response Team Bakamla RI melakukan latihan praktik selam di malam hari, yang dilakukan di Perairan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, kemarin. 



Sebelumnya, personel SRT melakukan pelatihan di Kolam Renang Tirta Abinaya Rindam Jaya, Jakarta Timur. 


Materi yang diberikan seputar teknik navigasi, perencanaan sebelum melakukan selam, teknik evakuasi korban di air, teknik pencarian dan penyelamatan renang dan selam, teknik tali temali bawah air, dan finswimming. 


Finswimming itu sendiri terdiri dari empat teknik, yakni berenang di atas permukaan air (surface swimming), menyelam dengan satu tarikan nafas (apnoea), renang dengan alat bantu nafas (immersion swimming), dan juga bi-fins. Tidak hanya latihan di saat matahari bersinars, kegiatan latihan rutin di malam hari juga dilakukan. 



Hal ini guna menerapkan pembiasaan pada personel, serta mengasah ketajaman indera tubuh, terlebih saat jarak pandang terbatas seperti yang sering ditemui saat melakukan pencarian bawah air pada malam hari. Latihan ini juga ditujukan untuk mendukung kegiatan pencarian dan pertolongan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 



Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes