partner

partner

 Rapim Perdana Bakamla RI di Tahun 2021 Resmi Digelar 



Jakarta, 15 Maret 2021y (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard), radarindonesia.com





Bakamla RI mengadakan Rapat Pimpinan perdana di Tahun 2021. Tema yand diusung adalah "Mewujudkan Tata Kelola Keamanan dan Keselamatan di Laut yang Kondusif dalam Rangka Mendukung Pertumbuhan Ekonomi di Masa Pandemi". 





Kegiatan yang secara langsung turut menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Prof. Dr. M. Mahfud MD. dilakukan juga secara daring, berpusat di Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Selasa (16/3/2021). 



Dalam pengarahannya, Menteri Mahfud menekankan kepada 8 aspek penguatan tata kelola keamanan dan keselamatan di laut, yang juga berdampak pada penguatan dan perbaikan Bakamla RI secara keseluruhan. Diantaranya: 

1. Meningkatkan peranan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia sehingga tercipta laut yang aman; 

2. Tingkatkan sinergitas dan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait di laut; 


3. Diharap segera merancang Rencana Strategi sesuai situasi terkini dan yang akan datang; 

4. Upayakan dalam perbaikan laporan keuangan; 

5. Lengkapi minimum essential force (MEF) dalam hal personel dan sarpras guna mendukung tupoksi; 

6. Terus kembangkan sistem informasi maritim nasional yang terintegrasi dengan K/L terkait di laut; 

7. Tingkatkan kualitas personel; 

dan 8. Berperan aktif dalam mendorong RUU Kamla untuk masuk dalam Prolegnas 2022. 





Menanggapi hal tersebut, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., mengucapkan rasa terima kasihnya atas perkenan kehadiran dan arahan dari Menko Mahfud. Tidak dipungkiri, arahan yang diberikan selain tepat sasaran, namun juga mendukung perkembangan Bakamla RI sesuai dengan tantangan terkini yang dihadapi. 


Laksdya TNI Aan Kurnia turut menyampaikan paparannya terkait refleksi pencapaian dan evaluasi kinerja Bakamla RI selama tahun 2020, isu-isu keamanan laut yang diperkirakan akan terjadi di tahun 2021, arah kebijakan Bakamla RI, dan proyeksi langkah-langkah yang perlu dilakukan selama tahun 2021. 







Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini turut menghadirkan beberapa pejabat tinggi negara melalui daring. Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi, Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Auditor Utama Keuangan Negara I Badan Pemeriksa Keuangan Novy G.A. Palenkahu, MBA., Ak., CSFA, dan Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik Komisi Pemberantasan Korupsi Syarief Hidayat. 


Kegiatan ini juga turut diikuti seluruh elemen pejabat Bakamla RI di seluruh Indonesia. Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T. M.M., M.Tr.Hanla.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes