partner

partner

 Tanggap Era Digital, Bakamla RI Finalisasi JDIH 



Bogor, 27 Maret 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard), radarindonesia.com  



Direktorat Hukum Bakamla RI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penataan Dokumentasi Hukum dan Bimtek Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Bakamla RI, di Bogor, Jawa Barat, kemarin. 


Selaras dengan arah pembangunan nasional di bidang hukum dan melaksanakan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, Deputi Inhuker Bakamla RI Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H. 



Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini juga menanggapi pertukaran dan penyimpanan data secara digital saat ini. 


“Sebagai instansi penegakan hukum di laut, FGD dan Bimtek ini merupakan upaya Bakamla RI dalam menata dokumentasi dan informasi hukum untuk mempermudah penyimpanan, penataan dan pengelolaan secara terarah", ucap Laksda Dade. 





"Akurasi, dan efektifitas dalam menggunakan paradigma digital disesuaikan dengan perkembangan masyarakat, sekaligus juga ditujukan untuk kepentingan publik secara luas”. lanjutnya. 


Hal lain yang ditekankan Laksda Dade, bahwa JDIH merupakan salah satu indikator keberhasilan dari hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Secara khusus Bakamla RI mengundang Tim Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional dari Badan Pembangunan Hukum Nasional. 



Dipimpin oleh Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional, Drs. Yasmon, M.L.S., dalam kesempatan ini memberikan pengarahan dan bimbingan teknis sesuai dengan dengan standar nasional yang telah ditetapkan. Tim JDIH Bakamla RI sendiri diketuai oleh Direktur Hukum Laksma Bakamla Dr. Erry Herman, M.P.A. 


Kegiatan ini dihadiri personel Bakamla RI dari satuan kerja di Direktorat Hukum, Direktorat Data dan Informasi, dan Biro Organisasi dan Tata Laksana. Adapun output yang diharapkan oleh Kapusdok JDIHN dari kegiatan ini adalah terintegrasinya JDIH Bakamla RI ke JDIHN agar dapat turut dimanfaatkan oleh masyarakat luas.   


Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes