partner

partner

Wakasal Tinjau Vaksinasi Purnawirawan TNI AL 





Jakarta, 17 Maret 2021, radarindonesia.com 


Dalam rangka mendukung program pemerintah guna percepatan vaksinasi Covid-19 sekaligus memberantas penyebaran Virus Corona, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Purnawirawan TNI AL. 



Vaksinasi dihadiri Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., dan Kepala Bidang Fasilitasi Penanggulangan Krisis Kesehatan, Kemenkes RI Dr. Rita Djupuri, bertempat di Balai Samudera, Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (17/3). 


Pada kegiatan pemberian vaksin tersebut sasarannya sebanyak 1.000 orang purnawirawan yang dilaksanakan selama dua hari di dua tempat yakni 490 orang di Balai Samudera dan 510 orang sisanya akan dilaksanakan di Graha Jala Bhakti, Pangkalan Jati pada Kamis (18/3) besok. 


Dihadapan awak media Wakasal mengatakan bahwa pada pelaksanaan vaksinasi terhadap para purnawiran TNI AL ini, melibatkan sebanyak 48 vaksinator TNI AL yang sudah sangat terlatih dan pelaksanaan vaksinasi tersebut sangat bergantung kepada distribusi vaksin dari Kementerian Kesehatan RI. 


“Untuk Purnawirawan didaerah saya akan menginstruksikan para Komandan Lantamal dan Komandan Lanal untuk membantu berkoordinasi. 


Setiap Lanal ada namanya Balai Pengobatan namun tergantung levelnya jika sudah diperbolehkan untuk melaksanakan vaksin kita akan laksanakan di Lanal-Lanal, jika tidak kita akan bantu mengkoordinasikan pelaksanaan vaksinasi ditempat terdekat di daerahnya masing-masing,” terang Wakasal. 


Menurut Wakasal kegiatan vaksinasi kepada Purnawirawan ini sudah dipersiapkan sebulan sebelumnya. “Apabila ada Purnawirawan yang mungkin tidak bisa berjalan, RSAL siap menjemput, bahkan apabila saat ini belum siap untuk divaksinasi besok atau lusa RSAL siap untuk menjemput dengan kendaraan ambulan RSAL,” tambahnya. 


Sementara itu dalam kesempatan yang sama Ketua PPAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., mengatakan kegiatan vaksin bagi Purnawirawan TNI AL menjadi suatu kebutuhan untuk memperkuat imunitas tubuh bagi para Lanjut Usia (Lansia) sehingga dapat memberikan semangat hidup tinggi dalam melaksanakan aktivitas. 


“Lansia adalah bagian dari masyarakat yang tetap harus kita perhatikan kesehatannya. Saya tetap menyarankan walaupun sudah di vaksin tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas karena Lansia sangat rawan terpapar Covid-19,” ungkap Ketua PPAL. 


Pelaksanaan vaksinasi ini melibatkan vaksinator dari Kementerian Kesehatan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Tim Dukungan Kesehatan (Dukkes) dan mini ICU dari Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Mintohardjo dan Rumah Sakit Marinir Cilandak serta tim Sub Dinas Kesehatan Jakarta Selatan. 


Pemberian Vaksin Covid-19 kepada 1.000 Purnawirawan TNI AL akan dilanjutkan dosis kedua pada 31 Maret dan 1 April 2021 mendatang. 



Dalam kegiatan tersebut Wakasal bersama Ketua PPAL berkesempatan berinteraksi langsung dengan salah satu Lansia yakni ibu Aminarti Poernomo yang berusia 89 tahun, Istri Komandan Kapal Selam Pertama KRI Cakra-401 Alm. Laksma TNI (Purn) Poernomo. 


Turut hadir dalam kegiatan ini Mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Waasops Kasal Laksma TNI Agus Hariadi, Para Kepala Dinas Jajaran Mabesal, Danlantamal III Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P. Karumkital dr. Mintohardjo dan para pejabat PPAL lainnya. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes