partner

partner

 PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-59 LAKSANAKAN FORUM STRATEGI II SECARA VIRTUAL 


Seskoal, 19 April 2021, radarindonesia.com 






Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang serba terbatas, namun tidak menyurutkan semangat 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA 2021 untuk melaksanakan Forum Strategi II dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional Guna Menghadapi Ancaman Militer di ALKI I Dalam Rangka Mendukung Pertahanan Negara di Laut”, Senin (19/04). 


Dalam sambutannya, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., menyampaikan Forum Strategi II ini merupakan kegiatan yang harus ditempuh oleh para Pasis Seskoal yang disiapkan sebagai calon pemimpin dimasa depan agar mampu mengambil keputusan yang terbaik dalam berbagai permasalahan yang dihadapi, khususnya dalam konteks strategi pertahanan negara. 




Kegiatan ini sekaligus sebagai pelaksanaan “Tri Dharma Perguruan Tinggi” dimana Seskoal sebagai Center Of Excelence On Naval and Maritime Science yang bertugas menyiapkan Perwira lulusan siap pakai, memiliki kemampuan sebagai Perwira perencana dan pelaksana yang andal sekaligus pemikir strategis dibidang pertahanan negara di laut dengan gelar S-2 Magister terapan Operasi Laut. 




Pada akhir sambutannya, Danseskoal menyampaikan penekanan kepada para Pasis untuk melaksanakan tugas forum strategi II dengan sebaik-baiknya disertai rasa tanggung jawab yang tinggi. Manfaatkan setiap kesempatan dan peluang yang disediakan untuk berdialog serta menggali setiap data dan informasi tentang kondisi potensi Sumber Daya Nasional yang ada di setiap daerah. 


Dan juga kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta jiwa bela negara di lingkungan Masyarakat agar dapat mewujudkan ketahanan wilyah dalam rangka pertahanan negara yang kuat dan kokoh sehingga sasaran pokok kegiatan ini dapat tercapai. 




Adapun pelaksanaan Forum Strategi II ini diikuti Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 sesuai dengan wilayah sasaran Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I meliputi Provinsi Banten, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Pinang dan Kabupaten Natuna di Ranai. 



Kegiatan Forum Strategi II ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari sejak tanggal 19 sampai dengan 23 April 2021, dengan bertemu secara virtual dengan Komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung. Pada Forum Strategi II hari pertama (19/04) ini dilaksanakan bertemu secara virtual dengan Komponen Utama di Provinsi Kepulauan Riau Tanjung Pinang, berlangsung di Amphiteater Samadikun Seskoal, pembekalan diberikan oleh Panglima Kogabwilhan I Laksdya TNI Ing.Ariawan, S.E., M.M., Danguskamla Koarmada I, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Danrem 033/Wira Pratama, Danlanud Raja Haji Fisabilillah dan Danyon Infanteri 10/Marinir Setokok. 


Kemudian Forum Strategi II Komponen Utama di Kabupaten Natuna Ranai, berlangsung secara virtual di Amphiteater Pusoyu Seskoal. 



Para Pasis menerima pembekalan dari Danlanud Raden Sadjad, Danlanal Ranai, Dandim 0138 Natuna, Danyon Komposit 1/Gardapati dan Dansatrad 212 Ranai. Selanjutnya, Forum Strategi II Komponen Utama di Provinsi Bangka Belitung berlangsung secara virtual di Kelas A Gedung R.E.Marthadinata Seskoal, para Pasis menerima pembekalan dari Danrem 045 Garuda Jaya Brigjen TNI M.Jangkung Widyanto, Danlanal Babel dan Danlanud H.AS.Hanandjoeddin. 


Sedangkan Forum Strategi II Komponen Utama di Provinsi Banten berlangsung secara virtual di Kelas B Gedung R.E.Marthadinata Seskoal, pembekalan diberikan oleh Danrem 064 Maulana Yusuf Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A., Dangrup 1 Kopassus, Danlanal Banten dan Dansatradar 211 Tanjung Kait. 


Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) Rully Riono, M.Tr.Opsla., selaku penanggungjawab Forum Strategi II menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah membekali para Pasis Seskoal agar mampu melaksanakan pengumpulan data tentang potensi sumber daya nasional di suatu wilayah melalui penelitian ke daerah berdasarkan hasil analisa ancaman pada kegiatan Forum Strategi I. 


Selanjutnya para Pasis akan mampu menggunakannya dalam merumuskan postur dan struktur kekuatan TNI Angkatan Laut serta perkiraan resiko dalam mendukung konsepsi strategi pertahanan negara di laut. 



Acara yang diselenggarakan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Seskoal dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dalam rangka mendidik dan melatih prajurit matra laut yang unggul, maju dan professional sesuai dengan program prioritas dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. 






 Turut hadir dalam acara ini baik secara virtual maupun tatap muka, Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla, Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Kepala Koordinator Dosen (Kakoordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A.,CHRMP., Sekretaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA.,para Pejabat Utama serta para Dosen dan Patun Seskoal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes