partner

partner

Personel Zona Maritim Timur Latihan Tembak di Laut



Ambon, 27 April 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard), radarindonesia.com

 



Terdengar letusan senapan api yang memecah keheningan laut Ambon. Terlihat pula benda kecil yang mengapung di atas air. 


Hal itu tidak lain merupakan salah satu kegiatan materi praktik dalam Latihan Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut. 





Latihan mencakup sejumlah kegiatan seperti penyelaman dasar, pendalaman materi dalam pemberkasan perkara kapal tangkapan, dan komunikasi taktis bagi kru kapal. Puncaknya di hari terakhir pelatihan, di atas KN. Ular Laut - 405 peserta melaksanakan latihan menembak senjata laras panjang di sekitar Laut Banda, beberapa waktu lalu. 







Para personel berlatih dengan menggunakan senjata laras panjang terbaru milik Bakamla RI, yaitu DSAR15P kaliber 5.56, dibantu oleh pelatih dari Batalyon Marhanlan IX Ambon. 



Skenario menembak meliputi tembak presisi di atas KN. Ular Laut - 405 dalam kondisi kapal mengapung, dan bermanuver cepat. Posisi penembak diawali dengan menembak dari bagian tengah kapal dalam keadaan diam, kemudian lambung kanan dan kiri kapal dalam kondisi bermanuver cepat. 


Posisi terakhir menembak di buritan kapal dengan kondisi kapal berlayar perlahan. 


Personel Bakamla RI di jajaran Kantor Kamla Zona Maritim Timur telah selesai melaksanakan penyegaran keahlian dan kemampuan personel dalam kegiatan Latihan Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut. 


Kegiatan ini terhitung mulai dari tanggal 5-22 April 2021. 


Latihan operasi ini diikuti oleh puluhan personel dari Kantor Kamla Zona Matirim Timur, Pangkalan Armada Zona Maritim Timur, perwakilan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) di jajaran Kantor Kamla Zona Maritim Timur, serta personel KN. Kuda Laut - 403 dan KN. Ular Laut - 405. 



Kepala Pangkalan Armada Zona Maritim Timur Kolonel Bakamla Irwan Shobirin, dalam kesempatan ini turut hadir yang juga didampingi oleh Kabidops Kantor Kamla Zona Maritim Timur Kolonel Bakamla Edward Halomoan Sibuea, S.T., M.M., Komandan Batalyon Marinir Letkol Marinir Syahril Isnadie, Komandan KN. Ular Laut - 405 Letkol Bakamla Umar Dhani , dan Komandan KN. Kuda Laut - 403 Mayor Bakamla Nendra Jati Prawira. 


Setelah melaksanakan latihan menembak, kapal beserta personel kembali ke Pangkalan Armada Zona Maritim Timur untuk melaksanakan upacara penutupan Latihan Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut. 






Dalam kegiatan ini Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S.Sos., M.Si.(Han). bertindak selaku Inspektur Upacara. 


Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. yang dibacakan oleh Laksma Bakamla Arif, mengingatkan kepada seluruh peserta untuk selalu berlatih, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tidak hanya dalam gelar pelatihan ini saja namun secara terus menerus. 




Hal tersebut guna membentuk sikap kesiap siagaan, responsif, dan terbentuk profesionalisme pada setiap personel. 








Rangkaian kegiatan upacara penutupan turut dihadiri oleh jajaran pejabat Bakamla RI, antara lain Kasilog Latihan Letkol Bakamla Fatkhurrokhman, S.Kom., Kasubbid Hukum Zona Timur Letkol Bakamla Anton Hilman, Kasubbid Kerja Sama Letkol Bakamla Nila Lekatompesy, Kasubbid Patroli Laut Mayor Bakamla David Ferdinandus, Kasubbag Umum Pangkalan Mayor Bakamla Kristian Rumbang, dan Kepala SPKKL Jayapura Kapten Bakamla Ozzy Eko Wijaksono Wibowo, S.H. 


Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes