partner

partner

BAKAMLA RI Gandeng IPB Rumuskan Indeks Keamanan Laut Nasional



Jakarta, 3 Juni 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard), radarindonesia.com


Bakamla RI dan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kerja sama di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 




Nota Kesepahaman ini ditandatangani secara terpisah oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. dan Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, SP., M.Si. Keduanya bertempat di Mabes Bakamla RI dan Gedung Rektorat IPB, Kamis, (3/6/2021).


Kerja sama ini segera diimplementasikan dengan kajian bersama untuk merumuskan Indeks Keamanan Laut Nasional (IKLN). 




Kegiatan ini diinisiasi oleh Direktorat Kebijakan Bakamla RI bersama dengan Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Lautan pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PKSPL – LPPM) Institut Pertanian Bogor.




Penyusunan kajian IKLN didasari oleh adanya kebutuhan akan suatu parameter yang dapat digunakan sebagai indikator untuk menilai kondisi keamanan laut secara nasional. 


Saat ini, penilaian yang dilakukan masih menggunakan data yang dipublikasikan dengan satuan yang berbeda-beda, bersifat parsial, sepihak, dan kadang tidak berimbang. 




Hal ini cukup berpengaruh dalam memberikan dampak negatif bagi stabilitas keamanan laut nasional.


Melalui kajian yang melibatkan lembaga penelitian yang terpercaya ini, akan menghasilkan indeks untuk mengukur tingkat keamanan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia secara menyeluruh. 


Selain itu, nantinya IKLN ini juga dapat digunakan sebagai indikator dalam evaluasi kinerja kementerian/lembaga (K/L) terkait upaya pencapaian  keamanan laut.




Untuk mempererat kerja sama yang telah disepakati kedua pihak, Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Bambang Irawan, S.E., M.Tr. Opsla, mengadakan kunjungan kerja ke Kampus IPB. Kunjungan diterima oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, MscFTrop., IPU., di Gedung Rektorat Andi Hakim Nasution, Dramaga Bogor. 


Turut hadir pula menerima tim Bakamla RI yaitu Kepala LPPM IPB Dr. Ernan Rustiadi, Magr, Direktur Kerja Sama IPB Dr. Ir. Syarifah Iis Aisyah, MSc.Agr, Kepala PKSPL Dr. Yonvitner, S.Pi.M.Si., dan Asisten Direktur Kerja Sama Dr.drh. Fadjar Satrija, M.Sc.



Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes