partner

partner

TNI AL Bekali Prajuritnya Mekanisme Penyelesaian Pelanggaran Disiplin dan Tindak Pidana



Jakarta, 21 Juni 2021, radarindonesia.com 


Dalam rangka membekali para prajurit tentang pengetahuan dan pemahaman dalam menangani mekanisme proses hukum dan proses administrasi dalam penyelesaian pelanggaran disiplin dan tindak pidana yang dilakukan oleh prajurit, Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Diskum AL) menggelar Kursus Keankuman dan Kepaperaan TA 2021 secara virtual dari ruang kerja Sekdisdikal di Gedung B3 lantai 8 Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, (21/06).


Kegiatan yang dikuti sekitar enam puluh orang Perwira TNI Angkatan Laut berpangkat Letda sampai dengan Letkol perwakilan dari seluruh Kotama dan Pangkalan Utama TNI AL ini dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan Angkatan laut (Sekdisdikal) Kolonel Laut (KH) DR. Sudardi, S.H., MM, MTr.Opsla, CRFA, CHRMP,mewakili Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI  Dr. Diki Atriana, M.Sc., CHRMP


Kadisdikal dalam sambutannya yang dibacakan Sekdisdikal mengatakan bahwa kursus yang akan dilaksanakan selama sepuluh hari kerja mulai 21 Juni s.d 2 Juli 2021ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahama6kepada Perwira TNI Angkatan Laut khususnya yang bertugas dalam bidang personel.




Kadisdikal berharap agar peserta kursus nantinya memahami mengenai peraturan-peraturan tindak pidana militer dan disiplin militer; tugas, tanggung jawab, kewenangan Ankum dan papera; mekanisme penyelesaian administrasi penjatuhan hukuman disiplin militer; proses, prosedur penyerahan perkara kepada Pengadilan Militer; penerapan sanksi administrasi prajurit TNI yang terlibat kasus; dan pembinaan karier personel TNI AL; serta pembinaan personel DPB. 


“Para peserta kursus juga harus mendapatkan gambaran pembuatan Administrasi Surat Keputusan Hukum Disiplin Militer dan cara pembuatan Keputusan Penyerahan Perkara dan keputusan-keputusan terkait dengan administrasi penyelesaian permasalahan prajurit,” ucapnya.


Materi yang akan diberikan para tenaga pengajar/instruktur/narasumber yang berasal dari Pamen Puspomal, Pamen Diskum Angkatan Laut, Pamen Disminpersal dan Pamen Diskum Kotama TNI AL wilayah Jakarta diantaranya Bidang Studi (BS) Hukum Pidana, Hukum Disiplin dan Pidana, Dewan Kehormatan Perwira (DKP) Tim Peneliti Tabiat (TPT), serta Sanksi Administrasi.


Kegiatan Kursus ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes