partner

partner

WAKASAL HADIRI PENUTUPAN KONFERENSI NASIONAL SISHANKAMRATA ABAD KE-21



Jakarta, 18 Juni 2021, radarindonesia.com 


Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., menghadiri penutupan Konferensi Nasional Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) Abad Ke-21 yang dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, bertempat di Aula Merah Putih Kampus Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Kawasan IPSC Sentul-Jawa Barat, Jum’at, (18/6).




Dalam Penutupan Konferensi Nasional Sishankamrata Abad Ke-21 yang telah berlangsung sejak 14 - 18 Juni 2021 ini, juga dihadiri Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD, Kasum TNI, para Wakil Kepala Staf Angkatan, Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI  Prof. Dr. Amarulla Octavian, dan petinggi TNI-Polri serta undangan lainnya.


Wapres RI dalam pengarahannya menyampaikan bahwa, Sishankamrata merupakan doktrin dan sekaligus strategi pertahanan negara yang menggunakan segenap kekuatan dan kemampuan komponen militer dan non militer secara menyeluruh dan terpadu.


Oleh karena itu segenap komponen bangsa baik Pemerintah, TNI, Kepolisian, dan seluruh masyarakat perlu mendapatkan pembekalan agar memiliki kesiapsiagaan dan kewaspadaan, sehingga segala ancaman baik ancaman militer, ancaman non militer, maupun ancaman hibrida bisa dihadapi dengan baik. 


“Kesiapsiagaan dan kewaspadaan tersebut semestinya dilaksanakan secara inklusif dan kolaboratif oleh seluruh komponen bangsa, dan membutuhkan kepedulian, inovasi dan kreativitas yang tinggi, agar sumber daya nasional yang dimiliki, meskipun terbatas, dapat diberdayakan secara efektif dan efisien,” ungkap Wapres RI. 




Sementara itu, Menhan RI saat menyampaikan laporan penyelenggaraan Konferensi Nasional yang mengangkat tema Sishankamrata Abad Ke-21 bertujuan untuk saling bertukar pandangan tentang konsep Sishankamrata dan bagaimana implementasinya di Abad ke-21.


“Diakhir konferensi akan menghasilkan Dokumen Strategis Sishankamrata Abad ke-21, nantinya akan dipakai sebagai pedoman untuk mensosialisasikan lebih luas lagi kepada semua instansi terkait untuk dijadikan salah satu acuan dalam menyelenggarakan pertahanan dan keamanan negara,” kata Menhan RI.




Mengakhiri kegiatan penutupan Konferensi Nasional Sishankamrata Abad Ke-21, Menhan RI menyerahkan Dokumen Strategis kepada Wapres RI mewakili Presiden RI, serta pernyataan penutupan Sidang Paripurna dan Konferensi Nasional Sishankamrata Abad Ke-21 oleh Menhan RI.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes