partner

partner

Tanggulangi Covid-19, TNI AL Wilayah Surabaya Sediakan Fasilitas Pasien



Jakarta, 21 Agustus 2021, radarindonesia.com 


Totalitas dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 di wilayah Surabaya, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menyediakan sarana dan prasarana bagi pasien terpapar Covid-19. 


Fasilitas yang disiapkan yakni, Rumah Oksigen Gotong Royong, ruang Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 di RSPAL dr. Ramelan dan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Gedung Karang Pucung Pangkalan Marinir (Lanmar) Surabaya.


Ketiga Fasilitas yang disiapkan TNI AL wilayah Surabaya, Jumat (20/8) ditinjau langsung kesiapan operasinya oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang didampingi para Pimpinan Komando Utama (Pangkotama) TNI AL di wilayah Surabaya.


Pembangunan ketiga fisilitas tersebut merupakan bagian dari 5 prioritas TNI AL yang akan dan terus dilaksanakan sampai pandemi Covid-19 hilang. 


Kelima Prioritas penanggulangan Covid-19 yakni, melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ruang tambahan perawatan baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, membuat dapur lapangan untuk kebutuhan masyarakat yang isoman, dukungan oksigen dan sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah konvalesen dan regular.


Rumah Oksigen Gotong Royong memiliki fasilitas antara lain, tempat tidur sebanyak 76 buah, 40 untuk pasien laki-laki dan 36 pasien wanita. Selain itu ketersediaan oksigen 24 jam melalui instalasi O2 yang ada di setiap sisi tempat tidur. 


Kemudian ruangan perawat, kamar mandi pasien, kamar istirahat Nakes dan dokter, ruang diskusi dan rekreasi, serta musholla.


Sementara itu, Rumah Sakit Darurat Covid-19 Opak Lanmar Surabaya ini awalnya merupakan barak siaga untuk Prajurit Marinir TNI AL yang akan melaksanakan penugasan, memiliki dua lantai dengan luas 3.200 meter persegi. 


Rencananya akan digunakan fokus untuk perawatan pasien terpapar Covid-19 dengan gejala ringan, Kapasitasnya sampai 800 pasien dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung antara lain sarana inap, sanitasi, tempat berjemur, kamar mandi, WC, Wifi, ruang tenaga kesehatan, ruang IGD, ruangan bertekanan negatif, ambulance, mesin cuci, dispenser, AC serta kamera CCTV dan mesin karaoke.


TNI AL dalam membantu menanggulangi Covid-19, mulai dari melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim sejak tanggal 23 Juni 2021 dan telah memvaksinasi ratusan ribu masyarakat. 


Selain itu juga membantu pemenuhan darah melalui kegiatan donor darah konvalesen dan reguler, membuat dapur umum untuk warga yang melaksanakan isoman. mengerahkan KRI dr. Soeharso-990 dan KRI Semarang-594 untuk pemenuhan oksigen di wilayah yang membutuhkan dan menyediakan ruang perawatan dengan membuat Rumah Sakit Darurat Covid-19.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes