partner

partner

TNI AL Gelar Upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Di Tapal Batas Perairan Ambalat


Nunukan, 17 Agustus 2021, radarindonesia.com 


Dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 yang mengangkat tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Lantamal XIII dan Lanal Nunukan menggelar upacara di Suar Karang Unarang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (17/08).






Suar Karang Unarang merupakan salah satu titik dasar Indonesia sebagai acuan penentuan batas laut sampai teritorial, landas kontinen dan Zona Ekonomi Ekslusif. 


Penetapan Suar Karang Unarang sebagai basepoint atau titik dasar telah ditetapkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2002 tentang Daftar Koordinat Geografis Titik-titik Garis Pangkal Kepulauan Indonesia. 




Karang Unarang yang terletak di Laut Sulawesi dan Propinsi Kalimantan Utara ini diberi nomor Titik Dasar (TD) 037 dengan koordinat geografis 04°00'38" U - 118°04'58" T yang sebelumnya Titik Dasar 037 berada di Tanjung Arang (Pulau Bunyu) dan sebagai penanda Kawasan Ambalat (Ambang Batas Laut) Indonesia.


Keberadaan Suar Karang Unarang sebagai Titik Dasar telah dicantumkan di dalam Peta Laut Indonesia Nomor 489 dan Nomor 59 dengan skala 1 banding 200.000.  


Karang ini hanya muncul pada saat air laut surut di posisi terendah dengan ketinggian karang hanya sekitar 30 centimeter.


Upacara detik-detik proklamasi di Karang Unarang dilaksanakan di atas Geladak KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang merupakan unsur Satkor Koarmada II dengan Irup Gubernur Prov. Kaltara Bapak Drs. H. Zaenal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum, dengan Komandan Upacara Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, S.E., CTMP yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Nunukan.






Hadir dalam upacara Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti, Danguspurla Koarmada II Laksamana Pertama TNI Hersan, S.H., M.Si., Forkopimda Prov. Kaltara, Pejabat Utama Lantamal XIII, FKPD Kab. Nunukan dan instansi terkait lainnya.


Adapun upacara melibatkan KRI Singa-651 Satkat Koarmada II, KAL dan Patkamla Satrol Lantamal XIII dan Lanal Nunukan serta unsur instansi kemaritiman dan nelayan rumput laut dari Kampung Mamolo Nunukan.




Komandan Lantamal XIII berharap, Karang Unarang menjadi tapal batas Negara Indonesia-Malaysia sekaligus dapat dijadikan sebagai mercusuar dunia yang harus dijaga oleh seluruh komponen bangsa. 


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes