partner

partner

TNI AL Gelar Workshop Perumusan Standing ROE TNI


Jakarta, 20  Agustus 2021, radarindonesia.com  


TNI Angkatan Laut dalam hal ini Staf Operasi TNI Angkatan Laut (Sopsal) menggelar workshop perumusan standing Rules of Engagement (ROE) TNI yang dibuka oleh Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., dengan melibatkan seluruh perwakilan dari satker bidang operasi dan hukum, bertempat di Hotel Grand Savero Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/8).


Topik pembahasan pada workshop yang dilaksanakan selama 3 hari mulai 19-21 Agustus 2021 ini adalah perumusan konsep Standing Rules of Engagement (RoE) TNI AL pada aspek darat, laut dan udara yang aplikatif sesuai kondisi dan perkembangan lingkungan strategis saat ini untuk selanjutnya menjadi bahan pembahasan pada tingkat Mabes TNI.


Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan Standing RoE TNI sangatlah penting pada era saat ini, dimana walaupun dalam kondisi damai, TNI tetap terlibat dalam penugasan-penugasan yang melibatkan penggunaan senjata khususnya di daerah-daerah rawan konflik.  


“Penggunaan kekuatan tersebut harus diatur secara efektif, dengan menguraikan tindakan yang diperbolehkan maupun yang dilarang untuk dilakukan serta pembatasannya sesuai dengan aturan pelibatan.


Aturan pelibatan atau RoE merupakan direktif Komando Atas yang terkait langsung dengan kebijakan dan pembatasan bagi komando satuan bawah dalam mengambil inisiatif penggunaan kekuatan di setiap pelibatan yang dihadapi,” kata Kolonel Bambang Dharmawan.




Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menginstruksikan agar hasil dari workshop perumusan standing ROE ini dapat menghasilkan output dan masukan yang komprehensif, up to date serta dapat diaplikasikan dalam ruang lingkup penugasan TNI atau TNI Angkatan Laut ke depan. 


Dalam workshop ini menghadirkan pembicara yaitu Sekdiskum Angkatan Laut, Kolonel Laut (KH) Estu Raharjo, S.H., M.H., dan Paban Ops Sops Koarmada I, Letkol Laut (P) Herman Manangkalangi, S.IP., M.I.Pol mewakili Asops Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Ashari Alamsyah, CHRMP.




Kegiatan workshop ini melibatkan personel dari bidang hukum dan bidang operasi dari Satker yaitu, Mabesal, Pushidrosal, Koarmada I, Koarmada II, Kormar, Kolinlamil, Puspenerbal, Diskumal, Puskopaska TNI AL.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes