partner

partner

TNI AL Tingkatkan SDM Pengawak Bidang Hukum



Jakarta, 23 Agustus 2021, radarindonesia.com  


Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Perwira Hukum dan PNS yang berprofesi hukum di lingkungan TNI Angkatan Laut (TNI AL), melalui Dinas Hukum Angkatan Laut (Diskum AL) menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Tahun 2021 bertempat di Ruang Rapat Diskum AL, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Senin (23/08). Dalam kegiatan ini TNI AL bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) dan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).


Kepala Dinas Hukum TNI AL (Kadiskum AL) Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H. saat membuka kegiatan kursus secara vicon menyampaikan bahwa PKPA TNI AL ini merupakan salah satu   upaya untuk meningkatkan kemampuan para Perwira hukum dan PNS TNI AL yang berprofesi hukum untuk beracara di pengadilan (litigasi) dan di luar pengadilan (nonlitigasi). Sehingga mereka siap melaksanakan fungsi beracara di lingkungan peradilan umum, peradilan militer, peradilan agama dan Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) guna melindungi kepentingan TNI AL, rawatan personel bagi prajurit dan keluarganya, serta yayasan atau koperasi yang berada di lingkungan TNI AL.




“Permasalahan-permasalahan hukum yang dihadapi oleh TNI AL ke depan tidak semakin ringan, oleh karenanya perlu penanganan secara baik dan cermat untuk memberikan jaminan kepastian dan perlindungan hukum,” terang Kadiskum AL. Penanganan permasalahan hukum tersebut membutuhkan personel penasihat hukum baik Perwira hukum maupun PNS TNI AL yang profesional di bidang hukum. 


Dengan memiliki kecakapan teoritis, keberanian dan pengalaman, serta mampu menerapkan pengetahuan hukumnya dalam beracara di pengadilan guna memenangkan suatu perkara.




Kegiatan pendidikan khusus yang diikuti oleh 30 peserta ini menghadirkan narasumber secara daring dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, PERADI dan Pamen TNI AL. 


Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M., saat vicon menyampaikan bahwa kegiatan PKPA ini merupakan kelanjutan kerja sama yang telah berjalan antara TNI AL dan FH UI. Oleh karena itu FH UI berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan dikembangkan.


Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia Dr. Luhut M.P. Pangaribuan, S.H., M.H., menyambut baik kegiatan PKPA TNI AL ini dan berharap untuk terus meningkatkan profesionalisme calon advokat sebagaimana yang diharapkan, sehingga dapat beracara dengan baik dan profesional.




Pendidikan Khusus yang diselenggarakan ini sesuai dengan harapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang tertera dalam program prioritas yakni membentuk SDM TNI AL yang unggul dan profesional.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes