partner

partner

PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA, KASAL IKUTI UPACARA SECARA VIRTUAL


Jakarta, 1 Oktober 2021, radarindonesia.com  




Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., dan para Pejabat Utama Mabesal mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober secara virtual bertempat di Lobby Gedung Utama R.E. Martadinata, Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur. Jumat, (1/10).


Upacara hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan tegaknya Pancasila sebagai dasar dan landasan Negara Indonesia yang telah dibuktikan dengan lolos dari makar pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tanggal 30 September 1965 yang lebih dikenal dengan peristiwa G30S/PKI telah mengakibatkan gugurnya tujuh pahlawan revolusi di sumur Lubang Buaya.


Dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 yang  dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo mengusung tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila” dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. 




Upacara diselenggarakan secara sederhana namun khidmat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, hal ini terlihat dari sedikitnya jumlah pasukan peserta upacara yang mengikuti upacara dari unsur TNI, Polri serta para undangan yang hadir. 


Rangkaian pokok upacara peringatan meliputi: mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang dipimpin langsung Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ir. AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Pembacaan Naskah UUD RI Tahun 1945 oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Indonesia H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., dan Pembacaan Ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dr. (HC) Puan Maharani, S.Ikom., serta diakhiri pembacaan doa oleh Menteri agama H. Yaqut Cholil Qoumas.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes