partner

partner

Pusterad Sarasehan Dengan Media Massa 2021




Danpusterad: Trush Dan Integritas Dijaga Serta Dipertahankan

 

 
Kota Bekasi, 13 Oktober 2021,  radarindonesia.com 
 
Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Pusterad) dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat yang kedudukan langsung di bawah Kasad menyelenggarakan Sarasehan Pusterad dengan Media Massa Tahun 2021.

Sarasehan dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Bekasi, Jl KH Noer Ali, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021) dengan tema, ” Refleksivitas Peran Massa Dalam Kegiatan Teritorial TNI AD”.

Hadir di acara itu, Komandan Pusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, narasumber Ketua Dewan Pers Prof.Dr. Muhammad Nuh, dan Usman Kansong, S.Sos, M.Si. Direktur Jenderal (Dirjen)  Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, dan Putri Viola sebagai moderator.

Dalam sambutannya, Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko menyampaikan sarasehan dengan media massa, semakin mempererat hubungan silaturrahmi yang telah terjalin baik selama ini antara Pusterad dengan kalangan media massa.

Dengan harapan, kata Danpusterad, melalui sarasehan ini, akan dapat memperkuat, memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan NKRI yang kita cintai bersama.

Sesuai UU No 3 Tahun 2002 pasal 1 ayat 2 tentang Pertahanan Negara, menjelaskan tentang sistem pertahanan yang bersifat semesta juga melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya.

TNI AD sebagai bagian untuk fungsi utama pertahanan negara, menyelanggarakan amanat UU tersebut melalui konsep pembinaan teritorial yang kita sebut dengan (Binter).

Dikatakan Danpusterad, dengan memberdayakan potensi, geografi, demografi dan kondisi sosial untuk siapkan menjadi kekuatan, ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Menurut Danpusterad, pelaksanaan Binter itu, berpedoman pada program kerja Binter yang diselenggarakan oleh seluruh satuan jajaran TNI AD. 

Ini dilaksanakan secara terus menerus sepanjang tahun. 

Untuk penyelenggara Binter, Satkowil mengandeng seluruh komponen bangsa agar tujuan Binter cepat tercapai, termasuk didalamnya adalah Media Massa.

Di era modern saat ini, informasi sangat penting sebagai sarana interaksi didalam masyarakat. 

Kecepatan informasi didukung perkembangan teknologi merupakan kebutuhan keseharian dalam kehidupan sosial masyarakat yang dapat dikonsumsi dalam bentuk berita, baik itu cetak, elektronik maupun online.

Melalui pemberitaan yang tepat dan akurat dapat dijadikan masukan dalam pengambilan kebijakan, meningkatkan pengetahuan masyarakat dan membangun karakter bangsa,” kata Danpusterad.

Danpusterad juga menyampaikan bahwa, kewajiban kita memberikan edukasi dan pro aktif mengajak masyarakat agar tetap cerdas dalam memanfaatkan media massa, sehingga diharapkan masyarakat lebih selektif dalam mengkonsumsi berita dan informasi yang diterima.

“TNI AD melalui unsur Satuan Komando Kewilayahan dengan didukung media massa memiliki peran yang strategis dalam melaksanakan pembinaan ketahanan masyarakat melalui penyelenggara Binter, “ucap Danpusterad.

Kegiatan Binter berkolaborasi dengan media massa diharapkan dapat meng-edukasi seluruh lapisan masyarakat sehingga terwujud ketahanan nasional yang tangguh sesuai dengan tema ” Refleksivitas Peran Media Masa Dalam Kegiatan Teritorial TNI AD”.

Kecepatan informasi di era ini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. 

Peran media massa yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi juga dapat dijadikan sarana dalam menyampaikan program dan kegiatan serta visi misi pembangunan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk itu, Binter senantiasa mendukung program pembangunan fisik dan non fisik dan perlu disinergikan melalui pemberitaan media massa di seluruh tanah air, sehingga timbul komitmen bersama dalam membangun bangsa Indonesia.


Melalui acara sarasehan ini, kita harapkan diperoleh masukan dan saran dalam mensukseskan Binter di era modren dengan didukung media massa sehingga terwujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam rangka mendukung pembangunan Nasional.

“Media massa sebagai wahana penyampaian informasi dan edukasi bagi masyarakat merupakan motor penggerak yang sangat dahsyat bagi Negara dalam membangun jatidiri dan karakter bangsa.

“Maka dari itu peran strategis media yang menjunjung tinggi dua hal yaitu,Trush dan Integritas harus tetap dijaga dan dipertahankan sebagai pilar ke empat demokrasi.” pungkas Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko diakhir sambutannya.

Sementara itu, Usman Kansong, S.Sos, M.Si., Dirjen IKP Kementerian Kominfo menyampaikan, dari segi tingkat kepercayaan masyarakat, jurnalis semakin meningkat.

“Ada dua penelitian yang dilakukan oleh Univeristas, bahwa media Online, Televisi , Koran, Majalah, dan Radio sangat tinggi kepercayaan masyarakat dibandingkan Media Sosial (Medsos). Ini disebabkan banyak Hoax di Medsos, ” ungkapnya.

Dikatakannya, berdasarkan survey tahun 2020, Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) tertinggi dalam 5 tahun terakhir.

Masih dalam kesempatan yang sama Ketua Dewan Pers Prof.M.Nuh memaparkan, pentingnya information credibility media massa dan para jurnalis.

“Membangun narasi optimisme dan kebersamaan (Power Of We),” tegasnya.
M. Nuh berharap bisa terbentuk jurnalis spesialis, agar persoalan yang semakin komplek diselesaikan tidak secara umum, tetapi dilaksanakan oleh jurnalis spesialis yang berkompeten di bidang masing-masing,” Ucapnya.. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes