partner

partner

TNI AL Tingkatkan Digitalisasi Manajemen Masjid

 


Jakarta, 14 Oktober 2021, radarindonesia.com


Perkembangan teknologi yang dinamis yang sampai saat ini masih sangat sedikit tersentuh oleh Masjid di Lingkungan TNI Angkatan Laut (TNI AL),TNI AL melalui Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) menginiasiasi pelaksanaan Kursus Pembinaan Rohani Manajemen Masjid untuk membekali para pengurus Masjid jajaran TNI AL. 


Kursus ini dibuka Kadisbintalal Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriyawan,  CHRMP bertempat di Aula Balai Wartawan Puspen TNI, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (14/10).


Kadisbintalal menilai masih banyak Masjid di lingkungan TNI AL yang berpola konvensional dalam tata Kelola administrasi dan manajemennya. “Sudah selayaknya Masjid ini mendapat perhatian yang lebih untuk dapat meningkatkan pelayanan ibadah bagi para jemaahnya dengan improvisasi program yang memudahkan pengurusnya dan para Jemaah Masjid serta sebagai sarana monitorning yang selalu update bagi pemimpin TNI AL,” ungkapnya.


Kursus Pembinaan Rohani yang diikuti sebanyak 50 orang pengurus masjid wilayah Jakarta ini dimaksudkan agar para pengurus masjid dilingkungan TNI AL maupun komplek TNI AL mendapatkan bekal untuk mengoperasikan program digitalisasi masjid sebagai salah satu sarana upaya dalam meningkatkan pelayanan ibadah ritual umat Islam di lingkungan Masjid sekaligus memudahkan dalam pelaksanaan manejemen masjid yang lebih transparan dan akuntabel serta memenuhi tuntutan perkembangan di Era Digital.




Kadisbintalal menyampaikan bahwa masjid mempunyai peranan yang sangat vital dalam mendukung sarana pembinaan. Secara umum Masjid baik di lingkungan kantor atau ksatrian maupun komplek TNI AL cukup mendapat perhatian dari para jemaahnya baik dari personel TNI AL maupun dari masyarakat sekitarnya sehingga pengembangan layanan masjid perlu ditingkatkan dalam meningkatkan nilai ibadah kedepannya.


Kegiatan yang menghadirkan narasumber  Prof. Dr. H. M Kana Sutrisna Suryadilaga, M.A., M.Psi., Grup Head Digital Banking & Ecosystem Wijayanto, Tim Bank Syariah Indonesia serta Paroh atau Rohaniwan Subdisbinroh Disbintalal ini, sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes