partner

partner

Kasal Buka Kompetisi Olahraga Perairan Kasal Cup 2021


Jakarta, 27 November 2021, radarindonesia.com 


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., membuka secara resmi event kompetisi Olahraga Perairan Kasal Cup Tahun 2021 bertempat di Pantai Festival Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (27/11).




Tiba dilokasi, Kasal didampingi Ny. Vero Yudo Margono disambut dengan tari Rancak Laras persembahan oleh Sanggar Cipta Budaya dari Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta serta penyerahan syal.


Kegiatan yang mengusung tema “Melalui Kasal Cup Tahun 2021 dan Dijiwai Semangat Kemerdekaan Indonesia ke-76 Dalam Situasi New Normal Covid-19, Kita Wujudkan Jiwa Kebaharian dan Sportifitas Menuju Maritim Jaya Indonesia Maju”, ini akan mempertandingkan 6 cabang olahraga yaitu renang, dayung, selam, ski air, jetski dan layar, sedangkan 2 cabang olahraga lainnya yakni stand up padle race dan sea kayak dipertandingkan secara eksibisi yang diikuti 2.233 atlet dari seluruh Indonesia.


Kasal mengatakan pemerintah Indonesia saat ini telah mencanangkan visi poros maritim dunia, dimana salah satu pilarnya adalah membangun kembali budaya maritim Indonesia. Jiwa dan budaya maritim dapat ditumbuhkembangkan salah satunya melalui olahraga perairan. Hal itulah yang melandasi diselenggarakannya kompetisi olahraga perairan kasal cup ini secara berkelanjutan


Lebih lanjut dikatakan, Kasal Cup Kompetisi Olahraga Air Tahun 2021 juga merupakan wujud nyata langkah TNI AL dalam pemberdayaan wilayah pertahanan laut, yakni membina potensi maritim nasional dengan mewadahi dan membina olahraga perairan, disamping sebagai salah satu bentuk sentuhan maritim yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan akan kebaharian kepada segenap bangsa indonesia.




Laksamana Yudo menjelaskan turnamen yang diikuti para peserta dari berbagai kalangan, baik TNI, Polri, maupun masyarakat umum, yang akan mempertandingkan berbagai cabang olahraga, selain bertujuan untuk membina kemampuan, keterampilan, dan kesiapan atlet olahraga perairan dalam menghadapi kompetisi nasional maupun internasional, juga diharapkan dapat menjalin komunikasi sosial yang baik antara para atlet umum dengan atlet TNI/Polri. “Hal ini sangat diperlukan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat, khususnya masyarakat maritim dalam ruang, alat dan kondisi (rak) juang yang tangguh,” ungkapnya.


Pembukaan Kompetisi Olahraga Perairan Kasal Cup 2021 ditandai dengan penyerahan tropi dan bendera start kepada Kasal usai menyaksikan demonstrasi persembahan demo Kowal tarian Jalesveva Jayamahe, selanjutnya menuju tenda apung untuk menyaksikan demo sea kayak dan stand up paddle, kemudian melepas bendera start untuk kejuaraan renang dan dayung dilanjutkan peninjuan ke venue-venue cabang olahraga lainnya


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes