partner

partner

Film YUNI Tayang Mulai 9 Desember Di Bioskop Tanah Air


Jakarta, 7 Desember 2021, radarindonesia.com 


Film YUNI yang disutradarai Kamila Andini akhirnya kembali ke Indonesia dan akan tayang di bioskop tanah air mulai 9 Desember 2021. Film ini ditulis oleh Kamila Andini dan Prima Rusdi, diproduseri oleh Ifa Isfansyah dan Chand Parwez Servia, dan diproduksi oleh Fourcolours Films dan Starvision bekerja sama dengan Akanga Film Asia (Singapura), Manny Films (Perancis), dengan dukungan pendanaan dari Aide Aux Cinémas Du Monde CNC Perancis, Infocomm Media Development Authority Singapura, Visions Sud Est Swiss, Program Pendukungan Film Indonesia untuk Distribusi Internasional Direktorat PMMB Kemendikbud Ristek Republik Indonesia, MPA APSA Academy Film Fund Australia, dan Purin Pictures Thailand.


Film YUNI berkisah tentang Yuni, seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tidak dikenalnya datang melamar, ia menolak lamaran mereka. Penolakan itu memicu gosip tentang mitos bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran tidak akan pernah menikah. Tekanan semakin meningkat ketika pria ketiga melamarnya, dan Yuni harus memilih antara mempercayai mitos atau mengejar impiannya. Film YUNI diperankan oleh Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Asmara Abigail, Muhammad Khan, Nazla Thoyib, Neneng Risma, Vania Aurell, Boah Sartika, Anne Yasmine, Toto ST. Radik, Mian Tiara, Ayu Laksmi, dan Sekar Sari.


Film kolaborasi Fourcolours Films dan Starvision ini telah diputar di berbagai festival film internasional dan mendapatkan nominasi, termasuk 14 nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2021 dan nominasi Achievement in Directing di Asia Pacific Screen Awards. Selain itu, film YUNI telah memenangkan beberapa penghargaan, antara lain Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021, Snow Leopard untuk Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021, Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, dan Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021.


Ifa Isfansyah, produser film YUNI mengungkapkan kegembiraannya atas penayangan film YUNI di bioskop, karena kerja sama antara Fourcolours Films dan Starvision merupakan kerja sama yang sudah ia nantikan sejak lama. “Senang sekali bahwa akhirnya kolaborasi yang sudah saya tunggu antara Fourcolours Films dengan Starvision akhirnya bisa diksaksikan secara luas oleh penonton Indonesia. Film adalah kerja kolaboratif. 


Dengan kerja sama ini, semoga membuka kemungkinan-kemungkinan film Indonesia semakin mempunyai keberagaman bentuk dan mudah diakses oleh penontonnya. Masyarakat sering memberi label dan membuat garis tegas antara ‘Film Festival’ dan ‘Film Komersial’ yang justru merugikan film itu sendiri. Film baik adalah film yang mampu menyentuh penontonnya. Untuk itu saya berharap dengan kerja sama ini, film YUNI akan semakin mudah ditonton agar apa yang disuarakan di film YUNI tersampaikan”.


Menurut Chand Parwez Servia, produser Starvision, “Starvision selalu menampilkan film yang baik secara kualitas, pesan, dan bisa ditonton secara luas oleh masyarakat. Film YUNI memiliki seluruh potensi untuk menjadi tontonan favorit remaja dan keluarga. YUNI adalah karya istimewa yang menghadirkan hiburan sehat, bukan sekadar menonton lalu melupakannya. 


Namun, menonton dan mengusik untuk membawanya ke ruang diskusi pribadi, juga keluarga. Film yang sangat penting untuk ditonton di saat menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang tersayang”.


Kamila Andini selaku sutradara film YUNI tidak sabar menanti penayangan film YUNI di Indonesia, “Senang sekali bisa menayangkan film yang memang dibuat untuk bioskop, setelah apa yang terjadi selama pandemi dan juga setelah film ini ditayangkan di negara lain. Film ini saya buat untuk Indonesia, dan tidak ada hal yang lebih membahagiakan daripada merayakannya di Indonesia. 


Cerita YUNI dimulai dari sebuah percakapan sederhana dengan seorang ibu, dan cerita ini telah berkembang menjadi cerita yang membebaskan diri. Semoga cerita ini bisa menjadi refleksi kita semua”.


Film YUNI juga menjadi perwakilan Indonesia untuk kategori Best International Feature Film di ajang penghargaan Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022. Pantau terus akun media sosial Fourcolours Films untuk informasi terkini film YUNI.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes