partner

partner

TNI AL Latih Kesigapan Personel Rumkital Tanggap Bahaya Kebakaran



Jakarta, 2 Desember 2021, radarindonesia.com 

TNI Angkatan Laut bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat melaksanakan latihan Peran Kebakaran (PEK) dalam rangka melatih kesigapan personel menanggulangi dan mengevakuasi terhadap bahaya kebakaran yang terjadi di rumah sakit, bertempat di Gedung Lama Rumah Sakit TNI AL dr. Mintoharjo,Benhill Jakarta Pusat, Kamis, (2/12). 





Latihan peran kebakaran di Rumkital MTH ini sudah berlangsung mulai tanggal 1 sampai dengan 2 Desember 2021 dengan melibatkan 95 prajurit dan PNS TNI AL, dan para PHL maupun para security mitra Rumkital MTH serta 20 orang dari Pemadam Kebakaran DKI Jakarta. Latihan ini mengambil lokasi di gedung lantai 5 yaitu ruangan perawatan Sangeang, kemudian ruangan lainnya di lantai 4 Pulau Tarempa, lantai 3 Pulau Selayar, lantai 2 Pulau Numfor serta lantai 1 Pulau Anggrek.


Diskenariokan salah satu ruangan di Gedung Lama Rumkital MTH yaitu Ruang Tarempa mendadak gaduh oleh para pasien yang melihat munculnya kepulan asap yang mengakibatkan terjadinya kebakaran di ruang tersebut. Kepala Ruangan Tarempa selanjutnya melaporkan kepada Perwira Jaga (Paga) untuk melakukan tindakan evakuasi pasien dan aksi pemadaman oleh Tim PEK Rumkital MTH. 





Sementara itu Paga secepatnya memerintahkan Baga untuk membunyikan lonceng tanda bahaya kebakaran, dan pihak rumah sakit juga segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran terdekat untuk membantu pemadaman api agar menghindari kobaran api semakin meluas. 

Tim PEK dilengkapi dengan perlengkapan pemadaman kebakaran menuju lokasi yang berada di lantaI 5 yaitu ruang perawatan samyang, selanjutnya tim PEK segera melakukan aksi pemadaman dengan menggunakan APAR dibantu oleh Tim Dinas Kebakaran hingga api berhasil dipadamkan. 

Wakil Pembinaan (Wakabin) Rumkital MTH Kolonel Laut (K) dr. Benny Jovie, Sp.JP., FIHA. mewakili Karumkital Kolonel Laut (K) Gigih Imanta J, Sp.PD.Finasim., M.M., saat menutup Latihan mengatakan Rumkital MTH sebagai salah satu fasilitas kesehatan harus mampu memberikan dukungan pelayanan kesehatan yang paripurna serta terbebas dari ancaman terhadap keselamatan materiil.

Karumkital menyampaikan ucapan terimakasih kepada Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat yang turut serta memberikan pelatihan bagi para peserta.





Latihan ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional. 

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes