partner

partner

Program Bedah Rumah TNI AL Sasar Rumah Orang Asli Papua





Jalesveva Jayamahe,

Jakarta, 18 Januari 2022, radarindonesia.com


Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso meresmikan sebuah rumah Orang Asli Papua (OAP) di Kampung Onggaya Distrik Naukenjerai Merauke yang direnovasi dari Program Bedah Rumah TNI AL, Minggu (16/01).


Program Bedah Rumah Masyarakat OAP tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Ke-13 Lantamal XI Tahun 2022. Program ini menyasar masyarakat asli papua yang belum memiliki rumah layak huni. 



Dari hasil seleksi beberapa rumah,  terpilih rumah yang akan dibedah adalah milik Ibu Yumima Gelambu yang merupakan warga Kampung Onggaya Distrik Naukenjerai Merauke. 



Proses pengerjaan rumah memakan waktu kurang lebih lima hari dengan melibatkan tenaga dari personel Lantamal XI Merauke.


Danlantamal XI Merauke dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa program bedah rumah sesuai ini dengan fungsi dan tugas Lantamal XI juga melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. 



Dan dipilihnya Kampung Onggaya karena merupakan bagian dari pembinaan desa pesisir di perbatasan.


Selanjutnya Brigjen Mar Edy mengharapkan program bedah rumah TNI AL tersebut akan terus berlanjut agar banyak masyarakat yang kurang mampu terbantu.  “Besar harapan saya program bedah rumah ini akan terus berlanjut,” harapnya.


Sementara itu, Ibu Yumima Gelambu mengucapkan rasa terima kasih yang setingi-tingginya kepada Komandan Lantamal XI beserta jajarannya yang telah memberikan hadiah yang sangat luar biasa kepada keluarganya. “Karena Kuasa-Nya pulalah bisa seperti ini, menggerakan orang-orang baik untuk membedah rumah kami,” ucapnya sambil meneteskan air mata rasa syukur kepada Tuhan.


Ibu Yumima juga mengungkapkan kebahagiaannya melihat perubahan yang terjadi pada rumahnya setelah direhab, sambil melihat satu persatu perubahan yang sangat luar biasa hanya dalam waktu 5 hari mulai dari ruang tamu, kamar tidur, dapur dan kamar mandi semua berubah menjadi bagus.



Kegiatan bedah rumah ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara.



Pengguntingan pita yang dilakukan oleh Danlantamal XI Merauke didampingi Ketua Korcab XI DJA III Ny. Dewi Edy Prakoso  tersebut juga dihadiri Aspotmar Danlantamal XI, Paban Komsos dan Bakti TNI AL Spotmar, Ketua Korcab XI DJA III dan Pengurus, Perwakilan Satgas Rajawali 123 serta Perwakilan Polsek Onggaya. 


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes