partner

partner

Pandemi ataupun Endemi, Gotong Royong Harus Terus Dilakukan


BANYUMAS, 16 Maret 2022,  radarindonesia.com 


Perkembangan Pandemi Covid-19 dengan situasi yang terus membaik memunculkan wacana agar situasi pandemi berubah menjadi endemi. Berubah atau tidaknya status Pandemi, masyarakat diharapkan terus membudayakan semangat gotong royong dan saling membantu satu sama lain.


Demikian disampaikan Anggota MPR RI, Siti Mukaromah atau Erma, menanggapi pertanyaan Peserta Sosialisasi Empat Pilar yang berlangsung di Banyumas, Selasa (15/3). Sebab, perubahan status Pandemi menjadi Endemi memunculkan harapan baru bagi masyarakat.


“Keduanya itu sama-sama penyakit menular yang penyebarannya sangat cepat. Kalau pandemi pada wilayah yang lebih luas, sedangkan endemi hanya terjadi pada wilayah tertentu saja. Nah, mau luas atau tidak penyebarannya kita tetap harus membudayakan gotong royong, saling membantu orang yang berkesusahan,” papar Erma.


Lebih lanjut dirinya menjelaskan, gotong royong merupakan salah satu nilai luhur Pancasila. “Sebagai bangsa yang majemuk ber-bhinneka tunggal ika. Nilai luhur ini harus tetap ada dan tercermin dalam kehidupan bermasyarakat,” kata dia menambahkan. 


Hal lain yang juga bisa dilakukan, kata Erma yang juga Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa ini, bagaimana agar secara ekonomi bisa bersama-sama bangkit dari keterpurukan dan efek pandemi. Tidak hanya usaha-usaha besar, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga terkena dampak pandemi, khususnya menurunnya permintaan atau penjualan produk. 


Situasi tersebut, menurutnya harus juga difikirkan bersama-sama agar kondisi kembali normal seperti sebelum pandemi bisa segera terealisasi. Masyarakat sudah teruji pada saat pandemi, bahu membahu membantu misalnya ada tetangga yang isoman. Sehingga saat ini perlu dilakukan bagaimana bahu membahu bangkit dari keterpurukan ekonomi. *)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes