partner

partner

Wujudkan Kekuatan Laut yang Handal, Kasal Resmikan KRI Teluk Palu - 523


Jalesaveva Jayamahe

Jakarta, 9 Maret 2022, radarindonesia.com 




Demi mewujudkan kekuatan laut yang handal yang hanya dapat dicapai dengan dukungan Alutsista yang memadai, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Jenis Angkut Tank (AT) 6 KRI Teluk Palu – 523 yang akan bergabung dengan jajaran kapal perang TNI Angkatan Laut (TNI AL) khususnya jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) bertempat di Galangan kapal PT. Daya Radar Utama (DRU) Lampung, Rabu pagi, (8/3).



Pembangunan kekuatan dengan langkah modernisasi Alutsista dan teknologinya menjadi salah satu program prioritas TNI AL selain kemandirian industri pertahanan sebagai upaya menghindari ketergantungan terhadap negara lain yang merupakan tuntutan, perhatian, cita-cita dan kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan Alutsista dalam rangka menjaga pertahanan, keamanan serta eksistensi negara dalam menghadapi dinamika geo politik yang sangat dinamis.  



Kasal mengatakan teknologi alutsista memang bukan hal yang mudah untuk dikuasai, sebab teknologi Alutsista sebagai bagian dari teknologi militer selalu menjadi penjuru terdepan dari kemajuan teknologi di dunia sehingga diperlukan komitmen, tekad dan usaha yang tidak pernah berhenti dari semua pihak, termasuk pelaku industri yang harus terus meningkatkan kemampuan agar memenuhi tuntutan kebutuhan.



“Saya yakin kehadiran KRI Teluk Palu-523 dalam jajaran Alutsista TNI AL akan meningkatkan daya gempur, kepercayaan diri, dan performa dalam pelaksanaan tugas-tugas TNI AL ke depan”, tegas Kasal.


Acara Serah terima kapal dilakukan dari PT Daya Radar Utama (DRU) kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI Angkatan Laut (Kadisadal) Laksma TNI Maman Rohman. Dari Kadisadal menyerahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, kemudian Aslog Kasal menyerahkan kepada Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Erwin S. Aldedharma disaksikan Kasal.



Kapal KRI Teluk Palu – 523 memiliki  daya tampung 360 prajurit, 115 personel anak buah kapal (ABK), dan 6 kru Helly serta memiliki panjang 120 meter, lebar 18 meter, draft 3 meter (full load) dengan bobot 4.508 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimum 16 knots, kecepatan jelajah 14,8 knots dan kecepatan ekonomis 13,6 knots. serta dilengkapi persenjataan 2 x Mer 40 mm dan 2 x Mer 12,7 mm sebagai pertahanannya.



Selain acara Delivery dan peresmian kapal, dilaksanakan pula pengukuhan Letkol Laut (P) Siswandony yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 48 Tahun 2002 sebagai Komandan KRI Teluk Palu-523 yang pertama.


Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Pejabat Utama Mabesal, Pimpinan Kotama TNI AL, Forkopimda Provinsi Lampung, Direktur PT. Daya Radar Utama (DRU) dan undangan lainnya.


Demikian Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes