partner

partner

Unsur TNI AL KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Bertolak dari Hawaii ke Tanah Air Pasca RIMPAC 2022


Jakarta, 7 Agustus 2022, radarindonesia.com  



KRI I Gusti Ngurah Rai-332 (KRI GNR-332) yang merupakan kapal Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Satgas Latma Rimpac) 2022 bertolak kembali ke tanah air pasca menyelesaikan latihan di Hawaii, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (6/8) kemarin.



KRI GNR-332 bertolak dari dermaga Joint Base Pearl Harbor Hickam (JBPHH) untuk selanjutnya berlayar menuju kembali ke tanah air. Keberangkatan KRI GNR-332 turut dilepas oleh Atase Laut (Atal) RI Kolonel Yano Wenas dan perwakilan dari Ikatan Warga Indonesia di Hawaii (IWIH). 


Sebelum bertolak Komandan Satgas (Dansatgas) Latma Rimpac Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan menyampaikan kepada seluruh prajurit KRI GNR-332 untuk tetap fokus dan tidak lengah menjalani pelayaran kembali ke tanah air. 



Dansatgas menekankan bahwa meskipun latihan sudah selesai namun masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan terutama membawa kapal dan awaknya sampai dengan selamat ke tanah air. Dansatgas juga menambahkan agar seluruh prajurit senantiasa berdoa kepada Tuhan YME agar diberikan kemudahan dan keselamatan dalam pelayaran.



Latma Rimpac merupakan latihan angkatan laut dua tahunan terbesar di dunia, yang diselenggarakan oleh Armada ke-3 U.S. Navy dan U.S. Marine Force Pacific dengan melibatkan negara-negara di kawasan Indo Pasific, Eropa dan Asia. Pada seri latihan Rimpac yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan satu kapal perang, yakni KRI GNR-332, dan 35 prajurit Marinir.


Latihan bersama ini dilaksanakan selain untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit sesuai harapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono adalah sebagai wujud diplomasi dan meningkatkan hubungan persahabatan angkatan laut (navy brotherhood) antar negara peserta dalam menjaga stabilitas kemanan laut di kawasan.




Latma Rimpac 2022 resmi ditutup oleh Panglima Armada ke-3 U.S. Navy Vice Admiral Michael Boyle pada Kamis (4/5) di Ford Island Convention Center, Hawaii.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes