partner

partner

Pura Dharma Segara Diresmikan, Kasal Jadikan TNI AL Rumah Pancasila


Jalesveva Jayamahe


Jakarta, 3 November 2022, radarindonesia.com 



- TNI Angkatan Laut terus melaksanakan pembangunan fasilitas yang diperuntukkan bagi para prajurit, keluarga, serta masyarakat. Kali ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono ingin menjadikan TNI AL rumah Pancasila dengan meresmikan penggunaan ”Pura Dharma Segara”, sebagai fasilitas ibadah umat Hindu di Komplek TNI Angkatan Laut Kodamar Sunter, Jakarta Utara, Kamis (3/11). 


Proses pembangunan Pura ini diawali dengan peletakkan batu pertama proses pembangunan Pura yang dilaksanakan pada 2 November 2021 lalu. Tempat ibadah ini dibangun dilahan seluas 1.500 meter persegi dengan bangunan-bangunan seperti candi bentar, wantilan, kori agung 5, bale saka 8, bale pawedan, tugu karang dan bangunan padmasari, tembok penyengker, disamping beberapa fasilitas pendukung lainnya. 



Dalam prosesi peresmiannya ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kasal yang disaksikan para pemuka agama, pengguntingan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, dan dilanjutkan dengan peninjauan Pura Dharma Segara.



Laksamana TNI Yudo Margono terlihat sangat berkarisma yang hadir dengan mengenakan Pakaian Seragam TNI AL dipadu dengan balutan udeng dan saput yang menjadi ciri khas pakaian ibadah umat Hindu.



Kasal saat acara peresmian menyampaikan bahwa, pembangunan fasilitas ini dapat menjadi sarana ibadah yang memadai bagi personel beragama Hindu beserta keluarga dan masyarakat sekitar. “Junjung tinggi sikap kebersamaan dan membangun toleransi, mari kita jadikan TNI AL sebagai rumah toleransi umat beragama, TNI AL sebagai rumah Pancasila, dan sebagai rumah Nusantara,” ajak Laksamana TNI Yudo Margono.  




Menurut Kasal dengan adanya fasilitas yang memadai, kegiatan peribadatan akan semakin baik, kualitas moral serta mental personel juga akan meningkat yang pada akhirnya, diharapkan kualitas SDM TNI Angkatan Laut juga akan semakin baik.



Turut menghadiri kegiatan ini Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Waketum Jalasenastri Ny.Wiek Ahmadi Heri Purwono, Koorsahli Kasal Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, Pangkogabwilhan III, Ketua Panitia Pembangunan Pura Kadislaikmatal Laksma TNI I Wayan Maradana, para Kadis dilingkungan Mabesal, Walikota Jakarta Utara dan para pemuka agama dari PHDI Mayjen (Purn) Kasim Genawi, MUI KH. Ahmad Zubaidi, PGI Pendeta Gomar Gultom, M. Th., Uskup TNI Polri R. D. Kolonel Yoseph Maria Marcelinus Bintoro, Walubi Romo Asun dan Matakin Ibu Liliana Lontoh serta undangan lainnya.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes