partner

partner

Bangun Ketahanan Masyarakat Pesisir, TNI AL Bangun 68 Kampung Bahari Nusantara


Jalesveva Jayamahe

Jakarta, 14 Desember 2022, radarindonesia.com



- Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari di Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (14/12).



Didampingi oleh Komandan Lanal (Danlanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari dan Forkopimda Propinsi Sultra, Wakasal meresmikan KBN ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti KBN Lanal Kendari. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bantuan 200 paket sembako, bantuan dana untuk pembangunan masjid, bantuan pembangunan sumur bor, bantuan mobil perpustakaan keliling, bantuan laptop dan televisi serta peninjauan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Kasal dalam amanat yang dibacakan Wakasal mengatakan bahwa melalui program Kampung Bahari Nusantara, TNI Angkatan Laut (TNI AL) bertekad untuk ambil bagian dengan tindakan nyata dalam membina masyarakat pesisir dan kepulauan. “Melalui program ini, TNI AL membangun kemanunggalan dengan rakyat dalam upaya-upaya memecahkan berbagai permasalahan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir dan kepulauan, khususnya dalam bidang ekonomi, pariwisata, kesehatan, edukasi maupun pertahanan” jelas Wakasal.



Kasal merasa optimis bahwa pembangunan Desa Ranooha sebagai Kampung Bahari Nusantara dapat mendorong perkembangan wilayah setempat menjadi kawasan yang maju, sejahtera, indah, sehat dan dapat berkontribusi terhadap terwujudnya ketahanan nasional yang kuat. 


Menurut Kasal KBN bertujuan untuk mensukseskan program ketahanan pangan pemerintah dan mengimplementasikan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi maritim dengan harapan dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya menyejahterakan masyarakat terutama masyarakat pesisir, yang pada akhirnya akan membangun ketahanan masyarakat secara nasional. 



Saat ini total terdapat 68 Kampung Bahari Nusantara yang dibangun tersebar di seluruh Indonesia salah satunya KBN Lanal Kendari.  Kehadiran Kampung Bahari Nusantara sesuai dengan program unggulan Kasal dalam rangka membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI/TNI AL bersama rakyat untuk kepentingan negara.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes