partner

partner

Langkah Antisipatif TNI AL Dukung Pengamanan KTT ASEAN 2023

 


Jalesveva Jayamahe,


Jakarta, 5 Mei 2023, radarindonesia.com 


- Langkah antisipatif diambil TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam rangka mendukung terselenggaranya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 Tahun 2023 sukses, TNI AL mengirimkan alutsista, pasukan dan peralatan untuk menjalankan misi pengamanan di wilayah Labuan Bajo, Manggarai, NTT. Pemberangkatan dilepas dari Dermaga Ujung, Surabaya, pada hari Rabu (3/5).



Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 9 – 11 Mei 2023 nantinya akan dijaga oleh para prajurit TNI AL guna membawa misi yaitu mengantisipasi gangguan keamanan dari laut terhadap keamanan para peserta VVIP Indonesia di KTT ASEAN 2023. Selain alutsista, TNI AL juga mengerahkan pasukan dan peralatan pendukung lainnya yang nantinya akan disiapkan sebelum kegiatan dimulai sampai dengan kepulangan para delegasi KTT ASEAN tersebut. 



Alutsista yang dilibatkan pada event Internasional tersebut antara lain KRI dr. Soeharso-990, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, KRI Banjarmasin-592, KRI Diponegoro-365, KRI Teluk Youtefa-522, KRI Sultan Nuku-373, KRI Terapang-648, KRI Tongkol-813, Sea Rider, kendaraan bermotor, kendaraan tempur, kendaraan taktis, LCVP dan Helikopter Panther. Sedangkan pasukan dan material yang dikirimkan adalah pasukan Kopaska, Penyelam dan perlengkapan elektronika. 


Selain itu TNI AL juga mendukung dalam hal pergeseran personel maupun material lainnya, seperti mengangkut personel maupun material diantaranya dari Paspampres, Satkomlek Mabes TNI, Satsiber Mabes TNI, TNI AD dan TNI AU. Pengerahan ini sesuai dengan tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu melaksanakan pengamanan VVIP secara terpadu. 



Pengiriman alutsista, pasukan dan peralatan TNI AL untuk menjalankan misi pengamanan kegiatan KTT ASEAN 2023 ini selaras dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam rangka mendukung kegiatan penyelenggaraan negara dan menjaga keamanan laut yang merupakan tugas pokok dari TNI Angkatan Laut.


Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes